Cara Dapat Prakerja Cuma Modal HP

Program Prakerja telah menjadi inisiatif penting di Indonesia, memberikan peluang kepada individu untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan daya saing di pasar kerja. Bagi banyak pekerja mandiri atau mereka yang ingin mengoptimalkan potensi diri, memiliki modal HP dapat menjadi langkah awal yang cerdas. Artikel ini akan membahas strategi efektif untuk mempersiapkan diri dalam Program Prakerja dengan memanfaatkan perangkat HP.

Syarat Dapat Prakerja

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Program Prakerja terbuka untuk WNI yang berusia 18 tahun ke atas. Hanya orang Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftar.
  2. Belum Terdaftar Sebagai Peserta Kartu Prakerja: Calon peserta tidak boleh sudah terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja sebelumnya. Program ini dirancang untuk memberikan peluang kepada mereka yang belum pernah mendapatkan kesempatan tersebut.
  3. Bukan PNS atau Anggota TNI/Polri Aktif: PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau anggota TNI/Polri aktif tidak dapat mengikuti Program Prakerja. Program ini lebih ditujukan kepada pekerja swasta, pekerja mandiri, atau pencari kerja.
  4. Memiliki Akses ke Gawai (HP atau Laptop) dan Internet: Sebagai program berbasis daring, peserta harus memiliki akses ke perangkat seperti ponsel pintar (HP) atau laptop dan koneksi internet untuk dapat mengikuti pelatihan secara online.
  5. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK): Calon peserta harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih berlaku. NIK akan digunakan dalam proses pendaftaran dan verifikasi identitas.
  6. Mampu Membaca dan Menulis: Peserta diharapkan memiliki kemampuan dasar membaca dan menulis. Ini penting karena materi pelatihan akan disampaikan dalam bentuk tulisan dan tugas tertulis mungkin diperlukan.
  7. Tidak Sedang Mengikuti Pendidikan Formal: Peserta tidak boleh sedang aktif mengikuti pendidikan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi. Program Prakerja lebih ditujukan untuk peningkatan keterampilan di luar pendidikan formal.
  8. Mempunyai Akun Aktif di Bank: Peserta diwajibkan memiliki akun bank aktif, karena bantuan biaya pelatihan akan disalurkan melalui rekening bank peserta.
  9. Memiliki NPWP (Opsional): Meskipun tidak wajib, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dapat memberikan kemudahan dalam proses administrasi terkait pembayaran bantuan biaya pelatihan.

>>Download Aplikasi Cek Bansos<<

Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Buka Situs Resmi Prakerja: Kunjungi situs web resmi Program Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.
  2. Baca Syarat dan Ketentuan: Sebelum mendaftar, pastikan untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda memahami persyaratan dan kewajiban peserta.
  3. Klik “Daftar”: Di halaman utama situs, biasanya terdapat tombol atau opsi “Daftar” atau “Mulai”. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pendaftaran.
  4. Isi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang diminta, seperti nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor telepon yang valid. Pastikan informasi yang Anda berikan akurat.
  5. Verifikasi Identitas: Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas. Biasanya, ini melibatkan pengisian kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email.
  6. Pilih Pelatihan: Setelah verifikasi identitas, Anda akan diminta untuk memilih pelatihan atau kursus yang ingin diikuti. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.
  7. Pengisian Data Bank: Isilah informasi rekening bank Anda dengan benar. Bantuan biaya pelatihan akan disalurkan melalui rekening bank yang Anda daftarkan.
  8. Review dan Konfirmasi: Sebelum mengirimkan pendaftaran, pastikan untuk meninjau semua informasi yang telah Anda isi. Pastikan semuanya akurat dan sesuai. Setelah itu, konfirmasikan pendaftaran Anda.
  9. Tunggu Proses Seleksi: Setelah mengirimkan pendaftaran, Anda harus menunggu proses seleksi. Jika Anda diterima, Anda akan mendapatkan notifikasi lebih lanjut melalui email atau SMS.
  10. Lakukan Pelatihan Secara Online: Jika Anda diterima, Anda dapat mengikuti pelatihan online yang telah Anda pilih melalui platform pembelajaran yang disediakan.

Perlu diingat bahwa proses pendaftaran Kartu Prakerja dan persyaratan dapat mengalami perubahan. Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru dari situs web resmi Program Prakerja atau mengikuti panduan yang diberikan selama proses pendaftaran.

>>Download Aplikasi Cek Bansos<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *