Adobe Ilustrator Aplikasi Edit Background Foto Selain Adobe Photoshop

Kali ini kami ingin menjelaskan tentang Aplikasi edit background foto, yakni Adobe Illustrator. Foto merupakan gambar pixel yang dihasilkan dari perangkat kamera. Hampir tiap tiap orang mempunyai kamera, karena zaman sekarang telephone genggam sudah ada fitur kamera.

Dengan adanya kamera, memudahkan orang cekrak-cekrek mengambil gambar, baik gambar pemandangan maupun foto selfi. Tapi adakalanya ketika kita mengambil gambar, kita tidak senang dengan latar belakangnya. Sehingga terbesit di benak kita untuk mengedit background foto itu. Sebenarnya jika kamu jeli, sudah banyak Aplikasi edit background foto.

Adobe Illustrator Aplikasi edit background foto selain Adobe Photoshop

Namun kamu ingin mencobanya di software pc, sebenarnya kamu sanggup mengeditnya di software editor gambar layaknya adobe photoshop. Bukan hanya photoshop, ternyata softtware editor vektor seperti adobe illustrator, juga bisa untuk mengedit foto.

Baca juga : Adobe Lightroom Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Wajib Kamu Coba!

Illustratorpun bisa mengedit foto hanya mengganti background, atau mengedit warnanya tetapiĀ  bukan untuk edit tiap poxelnya. Jika kamu ke postingan ini Cara Crop dan Masking Gambar di Illustrator atau Cara Opacity Gradasi pada Gambar / Masking di Adobe Illustrator, disitu juga dijelaskan berkaitan mengedit gambar.

Dan yang perlu diingat, di sana hanya memakai masking, yang pada dasarnya hampir sama dengan teknik yang akan penulis jelaskan di post ini, cuman saja beda langkahnya dan lebih simpel dan detail.

Tapi sebelum kita beranjak ke tutorialnya, kamu wajib mengenal terlebih dahulu perihal Adobe Illustrator.

Apa itu adobe illustrator?

Adobe Illustrator adalah aplikasi perangkat lunak memadai populer di kalangan profesional, desain usaha, dan global seni yang digunakan oleh desainer grafis untuk menyebabkan grafik vektor. Aplikasi berbasis program editor grafis vektor ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems.

Adobe mulai mengembangkan Illustrator terhadap tahun 1985. Meski mulai dikembangkan semenjak tahun 1985, tapi Adobe Illustrator baru formal dirilis terhadap Januari 1987. Adobe mulai didesain dan diprogram terhadap tahun 1985 yang merupakan aplikasi pendamping Photoshop.

Illustrator versi 1.7 dirilis sebagai Illustrator 88. Diberi sebutan demikian sebab dirilis terhadap 1988. Illustrator 88 diperkenalkan bersama peralatan dan fiturnya lebih kaya berasal dari versi sebelumnya. Terhadap 1989, Adobe Illustrator 88 dinobatkan oleh Byte sebagai pemenang Byte Awward gara-gara diklaim lebih baik dari pesaingnya, yaitu Aldus Freehand.

Aplikasi ini menawarkan beraneka tools canggih yang dapat membawa dampak ilustrasi berbasis vektor, ikon, tipografi, dan bentuk karya desain lainnya. Adobe Illustrator adalah tidak benar satu aplikasi perangkat lunak yang terhitung ke di dalam Adobe Creative Cloud.

Illustrator CC merupakan versi mutakhir program ini, generasi kedua puluh untuk product Illustrator. Aplikasi ini punya manfaat menciptakan karya grafis. Karya-Karya yang dapat anda buat di antaranya logo, ikon, ilustrasi, kemasan product, tipografi, sampai iklan besar di billboard.

Menurut keterangan di web site resminya, hasil olah grafis dari aplikasi ini berbentuk vektor. Melansir Vectr, vektor adalah suatu jenis gambar yang bukan bisa saja pecah, walaupun diperbesar berkali-kali.

Baca juga : Picsart : Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

Inilah yang mengakibatkan Adobe Illustrator cocok untuk dimanfaatkan di dalam pembuatan ilustrasi apa pun, terhitung logo dan ikon. Pasalnya, gambar-gambar itu akan terjaga kualitasnya dan bukan akan pecah, walaupun diubah-ubah ukurannya untuk menyesuaikan penggunaannya.

Nah, untuk mendalami ulang soal aplikasi grafis ini, kita selami segera terkaitĀ  fitur-fitur unggulannya, yuk!

Fitur Unggulan Adobe Illustrator

Fitur-Fitur didalam Adobe Illustrator biasanya disebut bersama dengan tool. Lewat tool yang tersedia, anda dapat melahirkan bermacam gambar digital yang istimewa. Dirangkum berasal dari Tutsplus dan Mashable, lebih dari satu tool yang tersedia di Adobe Illustrator meliputi:

1. Toolbox

Toolbox atau panel tools adalah menu yang paling kerap digunakan didalam Adobe Illustrator. Ini gara-gara di sana terdapat beraneka faedah menu untuk membawa dampak ragam objek di dokumen illustrator.

Panel tools ini terletak di sidebar sebelah kiri bersama dengan jumlah ikon tools kurang lebih 50 lebih. Sedikit di antaranya adalah selection tool (V), direct selection tool (A), magic wand tool (Y), lasso tool (Q), dan masih berlimpah tools lain yang mampu pengguna pelajari.

2. Pen Tool

Tool inti berasal dari Adobe Illustrator bernama pen tool. Bersama dengan pen tool, anda dapat menggambar hampir seluruh bentuk yang mampu anda bayangkan. Tersedia opsi untuk mengubah ketajaman sudut titik temu berasal dari gambarmu untuk mengimbuhkan variasi wujud gambar. Seluruh bergantung berasal dari kreasimu sendiri.

3. Pathfinder

Tidak cuman pen tool, tool lain yang sanggup anda gunakan untuk modifikasi bentuk adalah pathfinder. Apabila pen tool digunakan untuk menggambar, pathfinder digunakan untuk memodifikasi bentuk sebuah benda berdasarkan benda eksklusif yang lain.

Baca juga : Viral!! Di Tiktok, Aplikasi Edit Make UP Pengantin

Anda sanggup mengolah dua bentuk yang berbeda disesuaikan bersama kretivitasmu. Tersedia segudang variasi berasal dari pathfinder bersama faedah yang berbeda-beda pula. Supaya lebih tahu, anda sanggup menyaksikan disparitas keempatnya lewat gambar di bawah ini.

4. Clipping Mask

Bagaimana kalau anda mengingin memindahkan pola atau rona berasal dari satu benda ke benda lain? Clipping mask adalah jawabannya. Cara kerja tool Adobe Illustrator yang satu ini adalah bersama menyalin rona atau pola berasal dari satu benda. Sehabis tersebut, rona atau pola itu akan ditaruh di benda lain yang telah anda tentukan.

5. Type

Tool yang tentu saja tak boleh ketinggalan adalah type. Dengan tool ini, kamu bisa mengetik apa pun yang kamu mau. Jenis, ukuran, dan jarak antar-font juga bisa kamu atur.

Cara Mengganti Background Foto

  1. Pertama-tama buka software AI kamu lalu pilih File > New… Masukkan ukuran foto kamu, kalau penulis mau buat pas foto 4x6cm.
  2. Masukkan gambar yang akan di ganti backgroundnya dengan cara drag and drop atau dengan menu File > Place… atau copy dan paste image.
  3. Seleksi badan orang yang difoto dengan menggunakan pentool. Jika kamu masih belum tahu teknik penggunakan pen tool silahkan ke postingan ini Cara Menggunakan Pen Tool di AI
  4. Nah setelah selesai, silahkan kamu seleksi objek foto dan vektor hasil pen tool tadi dengan menggunakan Selection Tool (v). Bisa dengan menggunakan teknik shift klik atau menggambar kotak.
  5. Setelah kedua objek terseleksi kita tinggal pilih menu Object > Clipping Mask > Make atau dengan shortcut CTRL + 7. Maka otomatis background akan lenyap seketika meninggalkan orang di depannya.
  6. Inti permasalahan sudah selesai, kita tinggal import gambar yang akan dibuat background. Silahkan atur posisi foto dan juga background, usahakan ada bagian yang keluar kotak Artboard biar tidak ada bagian putih saat export.
  7. Sekarang tinggal kita export gambarnya melalui menu File > Save For Web. Perbesar ukuran gambarnya dan juga pilih format Jpg. Setinggan penulis seperti ini hasilnya.
  8. Klik Save dan simpan di folder kamu.

Dan itulah penjelasan tentang Aplikasi edit background foto yang sangat popular di keseharian kita, yakni Adobe Illustrator. Apakah kamu juga salah satu pengguna aplikasi ini? Jika iya, tulis dikolom komentar, ya!

Baca juga : Adobe Photoshop Menjadi Aplikasi Edit Foto Selebgram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *