Cara Membedakan VPS dan RDP: Mana yang Tepat untuk Kebutuhan Anda?

Pada artikel ini kita akan mencoba menjelaskan apa itu RDP/VPS? dan cara membedakan antara VPS dan RDP

Jika anda sebagai developer, pasti tidak asing lagi di telinga tentang penjelasan RDp dan VPS. Anda perlu mengetahui bahwa eduanya sama-sama menawarkan sebuah layanan berbasis komputasi awan dilengkapi teknologi canggih yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Namun, apakah anda tahu perbedaan secara spesifik antara VPS dan RDP? Pada artikel ini kita akan mencoba menjelaskan apa itu RDP/VPS? dan cara membedakan antara VPS dan RDP.

Apa itu VPS?

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, detailnya ialaha server virtual yang dipartisi dari satu server fisik. Setiap VPS memiliki sistem operasi untuk menjalankan program, sumber daya, dan kontrolnya sendiri, layaknya server fisik. VPS menawarkan privasi dan fleksibilitas yang lebih dibandingkan shared hosting, adapun manfaat dari VPS ini bisa anda gunakan sebagai:

Baca juga : Layanan VPS Murah Terbaik, Bagaimana Tips Memilihnya?

  • Hosting website: VPS sangat cocok untuk website yang membutuhkan host dengan ruang lebih besar atau kinerja lebih extra dibandingkan dengan shared hosting yang mana dibangun dari VPS hosting ini.
  • Running aplikasi: Anda dapat menginstal dan menjalankan aplikasi apa pun di VPS, termasuk aplikasi web, database, game server atau program lainnya.
  • Pengembangan software: VPS menyediakan lingkungan yang aman dan terisolasi untuk mengembangkan dan menguji software milik anda. Sehingga anda bisa lebih leluasa menggunakannya

Apa itu RDP?

RDP adalah singkatan dari Remote Desktop Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan Anda mengakses dan mengontrol komputer lain dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. Adapun manfaat RDP sering digunakan untuk:

  • Mengakses desktop dari jarak jauh: Anda dapat menggunakan RDP untuk terhubung ke komputer kantor tempat anda bekerja atau meremote dekstop yang disediakan oleh penyedia layanan cloud baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  • Memberikan support IT: Teknisi IT dapat menggunakan RDP untuk membantu pengguna menyelesaikan masalah komputer mereka dari jarak jauh karena gambaranya kita mengakses dekstop lain menggunakan dekstop kita.
  • Menjalankan aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda: apakah anda pernah mengalami gangguan sistem saat running program di PC pribadi? entah itu karena tidak support atau hal yang lain. Dalam masalah ini anda bisa menggunakan RDP sebagai jalan keluarnya. Anda tinggal menyewa rdp ke penyedia cloud dalam negeri seperti Deal Cloud atau luar negeri seperti google cloud, digital ocean, microsoft azure, vultr, dan masih banyak lainnya. Ada PROMO besar-besaran dari Deal cloud jika anda ingin membeli rdp untuk kebutuhanmu.

Perbedaan Utama antara VPS dan RDP:

Fitur VPS RDP
Fungsi Utama Server virtual untuk hosting website, aplikasi, dan pengembangan software Mengakses dan mengontrol komputer lain dari jarak jauh
Akses Root Ya Tidak
Keamanan Lebih aman karena terisolasi dari pengguna lain Keamanan tergantung pada konfigurasi server dan komputer yang diakses
Sistem Operasi Bebas memilih Terbatas pada sistem operasi yang diinstal di server
Biaya Lebih mahal Lebih murah

 

Sistem Operasi yang Paling Populer untuk VPS dan RDP:

  • VPS:

    • Linux: Ubuntu, CentOS, Debian
    • Windows: Windows Server
  • RDP:

    • Windows: Windows Server 2012,Windows Server 2016, Windows Server 2019, Windows Server 2022 Windows 10 Pro
    • Linux: Ubuntu Server, CentOS

Kesimpulan:

Memilih antara VPS dan RDP tergantung pada kebutuhan Anda. VPS adalah pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan server virtual yang aman dan fleksibel untuk hosting website, aplikasi, atau pengembangan software. RDP adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengakses dan mengontrol komputer lain dari jarak jauh.

Deal Cloud menawarkan layanan RDP/VPS berbagai spek mulai

  • vps 64gb ram
  • vps 8 core
  • vps emulator
  • rdp windows
  • vps support mining

untuk semua kebutuhan anda, anda bisa menemukan rdp vps murah di Deal Cloud, lakukan pembelian lebih mudah melalui link berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *