Memahami Apa Itu Domain Beserta Cara Memilih Nama Domain yang Sesuai

Memahami Apa Itu Domain Beserta Cara Memilih Nama Domain yang Sesuai
Memahami Apa Itu Domain Beserta Cara Memilih Nama Domain yang Sesuai

PalingNews – Membuat website tidak segampang yang dikira oleh banyak orang, karena mereka membutuhkan berbagai hal untuk bisa menjadikan website tersebut lebih dikenal. Salah satunya dengan memperhatikan perihal apa itu domain, di mana bagi para pemula pastinya terkesan sangat membingungkan dan rumit.

Saat akan membuat website, domain menjadi hal yang paling krusial. Domain sendiri sederhananya bisa diartikan sebagai nama unik yang menjadi identitas atau alamat suatu website. Ada beberapa ekstensi domain yang paling sering dipakai seperti .com, .co.id, .net dan lain sebagainya. Lantas, untuk kebutuhan website bagaimana cara menentukan atau memilih nama domain yang tepat?

Nama Harus Singkat Serta Gampang Diingat
Memilih nama domain memang agaknya cukup sulit, karena Anda harus menggunakan nama yang singkat tapi gampang diingat dan tidak rumit. Anda bisa memberi nama domain sesuai dengan nama bisnis yang Anda geluti. Setidaknya nama domain ini jangan sampai lebih dari 3 kata agar siapapun yang mencarinya pun tidak kebingungan.

Di luar sana ada banyak sekali orang yang ingin membuat nama domain singkat, padat dan jelas sehingga persaingan pun amat ketat. Anda harus segera mengamankan nama domain yang sudah dipilih dan segera memproses website agar tidak diambil oleh orang lain.

Coba Gunakan Nama Brand Bisnis Anda
Meskipun di luar sana ada beberapa orang yang membuat produk sama dengan Anda, tentunya nama brand yang mereka buat sedikit berbeda bukan? Maka dari itu, Anda bisa mencoba menggunakan nama brand saja sebagai pilihan untuk nama domain. Hal ini jauh lebih mudah dibanding Anda yang harus memikirkan nama lainnya lagi.

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai marketing agar orang-orang semakin mengetahui tentang bisnis Anda. Keuntungan jika memakai nama brand pastinya tidak akan ada orang lain yang memakainya dan bisnis Anda pun semakin dikenal luas.

Pengetikan Domain Harus Mudah
Domain yang mudah diketik akan membuat siapapun lebih gampang mengunjungi website Anda. Anda juga lebih mudah ketika menyebutkannya jika diperlukan. Apabila Anda menambahkan tanda, angka atau hal-hal semacam itu, belum tentu orang memahaminya dan akan kesulitan untuk mencari alamat website Anda.

Sama halnya saat Anda memilih nama untuk digunakan di media sosial, pastinya akan memilih yang paling singkat, dan mudah serta tidak rumit. Karena akan lebih mudah ditemukan saat orang lain melakukan pencarian di internet.

Boleh Mencantumkan Nama Daerah
Sebagai seorang pebisnis, Anda bisa mencantumkan nama daerah jika memang dibutuhkan. Misalnya saja jasa rental mobil yang ada di daerah Jakarta dan sebagainya. Hal ini berlaku apabila bisnis Anda hanya dioperasikan di satu daerah saja dan hanya melayani konsumen di sekitar daerah tersebut.

Pilih Ekstensi Domain
Yang dimaksud dengan ekstensi domain di sini adalah .com, .co.id, .net, .info dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih ekstensi yang sesuai kebutuhan karena setiap ekstensi domain mempunyai fungsinya masing-masing. Contoh saja .net kerap kali dipakai untuk website yang berhubungan dengan jaringan atau teknologi internet, .info biasanya berhubungan dengan website yang membagikan seputar informasi penting dan lain-lain.

Dari beberapa hal di atas, saat ini pastinya Anda tak kesulitan lagi dalam memahami apa itu Domain sekaligus bagaimana cara memilih nama domain bukan? Pastikan Anda memakai tips di atas agar mendapatkan nama domain yang bagus untuk website bisnis Anda.

Jika kalian ingin membeli dengan harga murah, bisa membeli di marketplace digital Indonesia disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *