Begini Cara Daftar & Cek Nama Penerima BLT BBM di Sini

Begini Cara Daftar & Cek Nama Penerima BLT BBM di Sini
Begini Cara Daftar & Cek Nama Penerima BLT BBM di Sini

PalingNews – Kabar menggembirakan bahwa BLT BBM Cair Rp 600 Ribu, Beginilah Cara Daftar dan Cek Penerimanya!

Kabar gembira tersebut datang dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang tengah menyatakan segera menyalurkan BLT BBM periode September 2022 kepada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan dan tentunya telah terdaftar resmi sebagai penerima bansos.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial juga sudah menjelaskan bahwa terdapat  3 jenis bantuan yang disalurkan dan salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT BBM 2022).

Adapaun besaran uang yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari BLT BBM September 2022 sebesar Rp 600 ribu rupiah. Lantas, siapa saja penerima bantuan langsung tunai (BLT) ini?




Target penerima BLT BBM 2022

Pemerintah sebelumnya telah melakukan perubahan harga berbagai jenis BBM dengan upaya menaikkan harga.

Pengumuman itu dilakukan tepatnya pada Sabtu, 3 September 2022. Kenaikan harga akan membuat masyarakat mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli kebutuhan bahan bakar.

Bantuan langsung tunai ini tentunya sangat meringankan beban masyarakat.

Pernyataan Berdasarkan Menteri Sosial Republik Indonesia, Bapak Tri Risma, yang mengatakan pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak.

Adapun jumlah yang akan menerima BLT, seperti dikutip dari akun Instagram @kemensosri, sebanyak 20,65 juta orang yang akan menerimanya.

Masing-masing jumlah yang akan diterima adalah Rp. 600.000. Pendistribusian dilakukan selama kuran glebih 4 bulan, dimulai dari bulan September, Oktober, November dan berakhir Desember. Jika dibagi per bulan, masing-masing tentu akan mendapatkan Rp. 150.000 perbulan nya.

Selanjutnya terkait teknis pelaksanaannya akan dilakukan dalam 2 tahap. Yang pertama akan disalurkan pada bulan September 2022, yaitu periode penarikan September dan Oktober sebesar Rp 300.000.

Kemudian pada tahap kedua akan disalurkan pada Desember 2022 yang merupakan masa produksi untuk November dan Desember 2022 sebesar Rp 300.000.

Lantas bagaimanakah cara mengecek apakah sudah masuk daftar penerima atau belum? begini cara lengkapnya.




Cara Cek Daftar Penerima BLT

Untuk proses terkait pendistribusian ini, datanya masih berbasis Data Kesejahteraan Sosial Terpadu.

Untuk memastikan bahwa Anda terdaftar sebagai penerima atau bukan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman Cek Penerima BLT BBM disini
  2. Kemudian ikuti langkah-langkah panduannya seperti yang ada dihalaman tersebut.




Bagi yang namanya belum terdaftar, jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk mendaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Program Keluarga Harapan atau Program Pangan Pokok/BPNT.

Semoga artikel ini bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *