Adobe Photoshop Menjadi Aplikasi Edit Foto Selebgram

PalingNews – Semakin berkembangnya dunia teknologi saat ini, membuat semua orang jadi lebih mudah dalam melakukan beragam hal, salah satunya ketika akan mengedit gambar atau foto menggunakan Aplikasi edit foto selebgram.

Jikalau berbicara terkait edit gambar, maka sangat lekat kaitannya dengan Photoshop, Yup siapa sih yang tidak mengenal software editor yang satu ini. dengan adanya Aplikasi edit foto selebgram, yang salah satunya adalah photoshop, sangat memungkinkan semua orang mengedit gambar atau fotonya jadi lebih bagus dan lebih menarik.




Adobe Photoshop menjadi Aplikasi edit foto selebgram

Namun meski begitu, mungkin beberapa dari kamu yang masih belum tahu tentang photoshop. Untuk mengenal lebih dalam tentangnya, Yuk perhatikan ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Picsart : Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

Apa itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop, merupakan perangkat lunak editor yang dibuat oleh Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto, atau gambar dan pembuatan efek.

Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, agar diakui sebagai pemimpin pasar (Market leader) sebagai perangkat lunak pengolah gambar atau foto, dan dengan Adobe Acrobat, photoshop juga merupakan product produksi terbaik dari Adobe Systems.

Photoshop CS (Creative Suite) merupakan Versi kedelapan dari Adobe Photoshop, Adobe Photoshop Cs2 merupakan versi kesembilan , Adobe Photoshop Cs3 merupakan versi sepuluh , Adobe Photoshop Cs4 adalah versi kesebelas , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop Cs5 , versi (Ketigabelas) adalah Adobe Photoshop Cs6, dan Versi yang terakhir adalah versi (keempatbelas) yakni Adobe Photoshop Cs7, dan lanjut ke versi seterusnya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Photoshop merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak untuk editor foto atau gambar, yang di keluarkan Adobe Systems dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer type.





Tak sekedar mempunyai fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga mempunyai beberapa fitur unggulan yang bisa bekerja secara maksimal, dan juga bisa mensuport beberapa arsip, dan bagi seorang desain grafis hal ini merupakan salah satu syarat, yang harus tersedia untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok bagi seorang desain grafis.

Photoshop dikhususkan sebagai perangkat lunak, yang digunakan untuk mengedit gambar dalam format Bitmap. Dan foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP, dan itulah alasan mengapa Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer.

Saat ini, Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik, jika di bandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Bisa di katakan juga, hampir tidak ada tandingannya. Format Arsip Photoshop bisa untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vector, seperti .Png, .Gif, .Jpeg, dan lain-lain.

Siapa dan Kapan Adobe Photoshop Ditemukan?

Hadirnya Adobe Photoshop di latar belakangi dari sejarah yang panjang. Diawali dari langkah profesor berasal dari Michigan (Usa) bernama Glenn Knol. Glenn Knol bereksperimen untuk mengolah foto secara digital dengan alat simple. Tujuan dan keinginan Glenn Knol untuk membuat suatu program pengolah gambar secara digital, diteruskan oleh anaknya bernama John Knoll dan Homas Knoll.




Baca Juga : Kinemaster : Aplikasi Edit Foto jadi Video Sudah Pernah Coba?

Selanjutnya, kedua anak Glenn Knol ini berhasil menciptakan program aplikasi sederhana, sampai perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi. Dan tidak butuh waktu lama, inovasi ini diambil alih oleh Adobe Corporation, dan diberi nama Adobe Photoshop.

Tapi dengan kerja keras yang dikerjakan oleh Thomas Knoll dan timnya, selanjutnya mereka bisa mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur-fitur unggul, seperti website design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya.

Para designer website ataupun designer graphic, cenderung lebih banyak menggunakan Photoshop dalam melakukan pekerjaannya, karena photoshop lebih mudah digunakan, miliki warna cerah, membantu plug-in dari pihak ketiga, dan juga hasil output yang fantastic.

Di mana kita bisa mendapatkan aplikasi Adobe Photoshop?

Di mana kita bisa mendapat Adobe Phostoshop? Untuk mendapatkannya benar-benar mudah sekali. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Cara pertama, kamu mampu lakukan cara unduhan Photoshop di laptop lewat Adobe. Lewat web resminya, kamu sanggup mendownload Photoshop secara segera. Tapi wajib dicatat bahwa cara unduhan Photoshop di laptop lewat Adobe memakai versi trial yang ada selama tujuh hari.




Bila melebihi batas waktu, kamu akan diminta untuk berlangganan alias kudu membayar. Tetapi terus saja, metode ini lumayan ampuh untuk meraih Photoshop secara ilegal, gratis, dan aman bukan?.

Untuk lebih detail tahu cara unduhan Photoshop di laptop lewat Adobe, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi browser seperti Chrome maupun Mozilla Firefox pada laptop.

2. Langsung menuju ke situs Adobe sebagai berikut: adobe.com.

3. Setelah memasuki laman, tentukan lokasi kamu berada terlebih dahulu.

4. Setelah itu, pilih Menu Creativity & Design > pilih Photoshop.

5. Di halaman selanjutnya, silakan ketuk Free Trial.

6. Mulai download program software Photoshop.

7. Proses selesai, Photoshop telah sukses diunduh dan tersimpan di laptop atau komputer kamu.




Baca Juga : Adobe Lightroom Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Wajib Kamu Coba!

Mengapa harus menggunakan Adobe Phostoshop?

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus mengandalkan Adobe Phostoshop, sebagai software editingmu:

1. Membuat desain grafis

Sudah menjadi software generik jika Photoshop sangat bermanfaat untuk membuat desain grafis. Seperti membuat brosur, spanduk, desain logo, sticker, kartu nama, pamflet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi Photoshop sangat bagus untuk mendukung kebutuhan individu maupun para pengusaha yang membutuhkan tool desain untuk marketing dan juga branding.

2. Membuat Mockup Web

Sudah sangat lumrah jika Photoshop bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat desain web. Pertama seorang front end web developer membuat rancangan, baik itu wireframe atau mockup pada Photoshop, kemudian baru melakukan implementasi pada coding.

Sehingga workflow dalam membuat design menjadi lebih mudah dan tinggal mengikuti struktur dan tata letak dari mockup tersebut. Namun saat ini telah banyak software yang berguna khusus untuk membuat mockup web, diantaranya ada Adobe XD, Balsamiq, dan yang lainnya.




3. Untuk ediiting video

Siapa bilang Photoshop hanya digunakan untuk melakukan editing photo atau membuat desain grafis saja. Saat ini Photoshop bisa digunakan untuk melakukan editing video seperti membuat gambar hitam putih, melakukan konversi format dari video ke gif dan lain-lain melalui fitur layernya.

Jadi software Photoshop ini juga termasuk multifungsi, meskipun tujuan utamanya tidak diperuntukan untuk hal tersebut.

4. Membuat Digital Painting

Hampir mirip dengan kanvas serta tool lainnya seperti kuas. Kamu juga bisa membuat sebuah lukisan namun dalam format digital, sangat menarik kan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam tool seperti pensil, kuas, penghapus, dan tool pendukung lainnya untuk menghasilkan karya lukisan digital.

Namun untuk bisa maksimal dalam membuat digital painting, Kamu harus memiliki alat tablet grafis dengan pen stylush-nya. Karena dengan mouse karya yang dihasilkan kurang memuaskan dan tidak ada pengaturan seperti keras atau lembutnya kita dalam menggoreskan garis. Jadi menginvestasikan sedikit uang untuk membeli alat tersebut juga tidak ada ruginya.

5. Membuat pola dan desain tekstur

Umumnya untuk membuat pola dan desain tekstur software yang kerap digunakan adalah Adobe Illustrator, namun tentunya hal itu juga bisa Kamu lakukan dengan Software Adobe PS. Dengan syarat Kamu harus membuat resolusi gambar yang lebih besar, bisa 4000 pixels keatas.




Namun jika komputer Kamu spesifikasinya masih kentang atau mungkin dibawah rata-rata (jangan baper). Hal ini justru memperlambat kinerja Kamu, karena software Photoshop akan beroperasi sangat lambat. Karena dasar dari Photoshop adalah raster (menggunakan pixel) sedangkan Adobe Illustrator menggunakan format vektor, yang jika di zoom hingga maksimal tidak akan pecah atau titiknya kelihatan.

Dari kelebihan fitur, fungsi, tool serta popularitasnya, wajar jika Photoshop merupakan software editing dan desain grafis terbaik. Karena Photoshop tidak hanya digunakan untuk editing desain grafis saja, melainkan bisa melakukan banyak hal, antara lain seni digital, desain web, mockup, dan hal-hal yang telah disebutkan diatas.

Baca Juga : Viral!! Di Tiktok, Aplikasi Edit Make UP Pengantin

Bagaimana cara menggunakan Adobe Phostoshop?

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menggunakan Adobe Phostoshop:

1. Layer Tool yang Sangat Penting

Layer merupakan salah satu elemen yang pertama kali. Layer ini layaknya sebuah lembaran kertas transparan yang akan ditumpuk, menghasilkan produk akhir yang kamu inginkan. Perubahan yang dilakukan pada tiap layer tidak akan memengaruhi layer lainnya.

Tentunya, akan sangat membantu kamu sehingga tidak perlu mengedit proyek secara keseluruhan, jika ingin melakukan sebuah perubahan kecil. Letak dari tool ini ada pada bagian kanan bawah, kamu juga bisa mengakses beragam opsi yang berhubungan mengenai layer, pada tab “layer” yang ada di bagian toolbar. Kamu bisa menambahkan, menduplikasi, menghapus layer dari sini.




2. Color & Swatches Tool yang Harus Kamu Perhatikan

Penggunaan warna tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam membuat sebuah desain atau melakukan berbagai perubahan pada sebuah foto. Melalui tool ini kamu bisa menggunakan, memodifikasi, menyalin, dan menyimpan warna khusus untuk konten kamu. Tool ini bisa kamu temukan pada bagian kanan atas atau di kiri bawah dari layar. Tinggal klik kotak yang berwarna maka kamu akan bisa memilih warna yang ingin digunakan nantinya.

3. Brushes & The Brush Tool yang Sangat Berguna

Melalui pengaturan kuas yang ada, kamu dapat mengubah ukuran, bentuk, dan transparansi sapuan dari kuas untuk mendapatkan sejumlah efek visual yang berbeda. Ini adalah salah satu hal esensial dalam desain grafis. Kamu bisa menemukannya pada toolbar yang berada di kiri dengan lambang kuas.

4. Select Tool yang Akan Kamu Butuhkan

JIka kamu ingin memilih sebuah elemen, seluruh grafik, dan menentukan apakah akan disalin, dipotong, atau ditempelkan ke dalam sebuah desain, maka tool inilah yang akan digunakan. Pertama, sorot area yang akan dipilih. Kemudian, klik kanan dan tentukan apa yang ingin kamu lakukan dengan elemen yang sudah kamu pilih.




5. Eraser Tool yang Tentunya Tidak Boleh Kamu Lupakan

Apakah kamu membuat sebuah kesalahan ketika sedang mendesain sesuatu? Jika iya, maka tool yang satu ini akan bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Kamu dapat mengubah ukuran dan seberapa tebal penghapus yang akan digunakan sehingga bisa mendapatkan efek blending atau fading.

Dan itulah ulasan lengkap tentang Photoshop, yang merupaka aplikasi edit foto selebgram, dan paling banyak digunakan. Semoga informasinya bermanfaat!

Baca Juga : 6 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang yang Sudah Diawasi OJK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *